30 Apr 2014

Digimon Masters Online Edit Texture/Warna Digimon

alat-alat yang di butuhkan

1.Nifskope –> untuk membuka .nif file
2.Dmo Pack Manager & EDMO Pack01 updated to version 34 –>  untuk membuka file dmo,tidak semua file digimon ada tapi lumayan lengkap
3. .TGA image editor, bisa photoshop atau yang lainya yg support file .TGA

Export file DMO

sebelum melangkah ke petunjuk berikutnya, pertama kita harus membuat folder “digimon” di dalam folder data,  folder utama DMO >data >create new folder
1. buka Dmo Pack Manager(biasanya dmopackman-1.2 >bin>dmopackman.exe)
2.File>Set DMO patch, kemudian pilih folder dimana anda instal DMO, kalau tidak  salah di  C:>Joymax>dmo, saya juga sudah lupa di mana folder default DMO soalnya sudah saya pindah di disk D:. silahkan cari sendiri ^^



 3.file>open>cari file “edmo_v34.dmop”
4. pilih package >import Archive
-note lakukan cara ini setiap akan melakukan import/export file, karena kalau tidak file akan error
5.pilih tab browse content>digimon>namadigimon.nif kemudian pilih ke folder “digimon” yang telah kita buat tadi
contohnya saya akan export elecmon.nif




Edit file .nif dengan Nifskope

setelah file elecmon.nif sudah di export, maka sekarang kita buka file tersebut dengan Nifskope yang sudah kita download& instal.
tahapan awal untuk pertama kali menggunakan Nifskope harus di setting terlebih dahulu.
buka Nifskope
-render>settings> pencet tombol “Auto detect Game Paths” kemudian pilih “add folder” kemudian akan ada tulisan “choose folder” di dalam kotak, pilih tulisa choose folder kemudian pencet tombol “folder” di bawah dan kemudian arahkan ke folder “digimon” > “folder nama digimon”  yang telah kita buat tadi. sehingga di dalam kotak setting akan ada tulisan seperti berikut.
C:\Joymax\DMO\Data\Digimon\Elecmon
./
./textures
./skins/standard.
 nah jika sudah selesai silahkan di close settingnya. cara ini hanya untuk setting pertama kali, jadi kalau besok2 mau edit file nif lagi tidak usah edit setting lagi.
kita mulai edit file nif sekarang.
1. buka file .nif yang sudah kita export tadi caranya klik tombol “load” dan pilih file elecmon.nif/digimon lain
2.setelah terbuka akan ada berbagai tulisan di kotak sebelah kiri dan gambar elecmon/digimon lain di kotak sebelah kanan.
3. klik gambar elecmon, kemudian di kotak sebelah kiri akan ada tulisan yang di kasih background warna biru, kemudian klik segitiga/panah/+(berbeda tergantung versi Nifskope )  sampai anda menemukan tulisan”Nitexturingproperty” >> “NiSourceTexture”
4. klik kanan elecmon.dds >texture>export >simpan dengan nama “elecmon.tga”



  5. tinggal edit file elecmon.tga dengan, program kesukaan anda, bisa photoshop dll
 

untuk yang tidak ahli edit/ganti warna, bisa minta bantuan temanya yang pinter desain grafis, nga ada yang larang kok ^^. jangan lupa save lagi dengan nama yang sama.
6. ulangi langka ke 4 tapi bedanya klik kanan elecmon.dds >texture>choose> pilih “elecmon.tga” yang sudah kita edit tadi
note: untuk menghindari error, elecmon.tga harus berada 1 folder dengan elecmon.nif, jadi yang export elecmon.tga tidak 1 folder dengan elecmon.nif sebaiknya di pindah dulu file elecmon.tga ke folder “elecmon”
kalau sukses hasilnya seperti ini

7. kliktombol save As > elecmon.nif
note : nama tidak bole dirubah dari nama asli karena sebagian digimon menggunaman nama dengan angka contohnya dobermon nama file aslinya “1241033_dobermon.nif”  jadi kalau save jangan di rubah namanya menjadi “dobermon.nif”.
8. tes file nif yang sudah di save tadi, tutup Nifskope  dan buka lagi lalu pilih elecmon.nif yang sudah di save tadi lagi, kalau warnanya tetap berarti sukses, tapi kalau warna digimon menjadi putih semua berarti gagal coba cek settingan Nifskope  lagi berarti ada yang salah. kalau cara setting Nifskope saya tidak jelas silahkan ke link berikut :  http://digimonrpgonline.net/forum/showthread.php?p=202841#post202841



No comments:

Post a Comment