alat-alat yang di butuhkan
1.Nifskope –> untuk membuka .nif file
2.Dmo Pack Manager & EDMO Pack01 updated to version 34 –> untuk membuka file dmo,tidak semua file digimon ada tapi lumayan lengkap
3. .TGA image editor, bisa photoshop atau yang lainya yg support file .TGA
Export file DMO
sebelum melangkah ke petunjuk berikutnya, pertama kita harus membuat folder “digimon” di dalam folder data, folder utama DMO >data >create new folder
1. buka Dmo Pack Manager(biasanya dmopackman-1.2 >bin>dmopackman.exe)
2.File>Set
DMO patch, kemudian pilih folder dimana anda instal DMO, kalau tidak
salah di C:>Joymax>dmo, saya juga sudah lupa di mana folder default DMO soalnya sudah saya pindah di disk D:. silahkan cari sendiri ^^
3.file>open>cari file “edmo_v34.dmop”
-note lakukan cara ini setiap akan melakukan import/export file, karena kalau tidak file akan error
5.pilih tab browse content>digimon>namadigimon.nif kemudian pilih ke folder “digimon” yang telah kita buat tadi
contohnya saya akan export elecmon.nif
Edit file .nif dengan Nifskope
setelah
file elecmon.nif sudah di export, maka sekarang kita buka file
tersebut dengan Nifskope yang sudah kita download& instal.
tahapan awal untuk pertama kali menggunakan Nifskope harus di setting terlebih dahulu.
buka Nifskope
-render>settings>
pencet tombol “Auto detect Game Paths” kemudian pilih “add folder”
kemudian akan ada tulisan “choose folder” di dalam kotak, pilih tulisa
choose folder kemudian pencet tombol “folder” di bawah dan kemudian
arahkan ke folder “digimon” > “folder nama digimon” yang telah kita
buat tadi. sehingga di dalam kotak setting akan ada tulisan seperti
berikut.
C:\Joymax\DMO\Data\Digimon\Elecmon
./
./textures
./skins/standard.
./
./textures
./skins/standard.
nah
jika sudah selesai silahkan di close settingnya. cara ini hanya untuk
setting pertama kali, jadi kalau besok2 mau edit file nif lagi tidak
usah edit setting lagi.
kita mulai edit file nif sekarang.
1. buka file .nif yang sudah kita export tadi caranya klik tombol “load” dan pilih file elecmon.nif/digimon lain
2.setelah terbuka akan ada berbagai tulisan di kotak sebelah kiri dan gambar elecmon/digimon lain di kotak sebelah kanan.
3.
klik gambar elecmon, kemudian di kotak sebelah kiri akan ada tulisan
yang di kasih background warna biru, kemudian klik
segitiga/panah/+(berbeda tergantung versi Nifskope ) sampai anda
menemukan tulisan”Nitexturingproperty” >> “NiSourceTexture”
4. klik kanan elecmon.dds >texture>export >simpan dengan nama “elecmon.tga”
5. tinggal edit file elecmon.tga dengan, program kesukaan anda, bisa photoshop dll
untuk
yang tidak ahli edit/ganti warna, bisa minta bantuan temanya yang
pinter desain grafis, nga ada yang larang kok ^^. jangan lupa save lagi
dengan nama yang sama.
6.
ulangi langka ke 4 tapi bedanya klik kanan elecmon.dds
>texture>choose> pilih “elecmon.tga” yang sudah kita edit tadi
note:
untuk menghindari error, elecmon.tga harus berada 1 folder dengan
elecmon.nif, jadi yang export elecmon.tga tidak 1 folder dengan
elecmon.nif sebaiknya di pindah dulu file elecmon.tga ke folder
“elecmon”
kalau sukses hasilnya seperti ini
7. kliktombol save As > elecmon.nif
note
: nama tidak bole dirubah dari nama asli karena sebagian digimon
menggunaman nama dengan angka contohnya dobermon nama file aslinya
“1241033_dobermon.nif” jadi kalau save jangan di rubah namanya menjadi
“dobermon.nif”.
8.
tes file nif yang sudah di save tadi, tutup Nifskope dan buka lagi
lalu pilih elecmon.nif yang sudah di save tadi lagi, kalau warnanya
tetap berarti sukses, tapi kalau warna digimon menjadi putih semua
berarti gagal coba cek settingan Nifskope lagi berarti ada yang
salah. kalau cara setting Nifskope saya tidak jelas silahkan ke link
berikut : http://digimonrpgonline.net/forum/showthread.php?p=202841#post202841
No comments:
Post a Comment