30 Mar 2017

Manfaat Bermain Game


Bermain game adalah hobi dari sebagian besar orang terutama laki-laki yang biasanya dilakukan untuk mengisi waktu luang atau untuk menghibur diri. Namun tidak semua orang hobi bermain game, sebagian orang menganggap bermain game hanyalah kegiatan yang tidak bermanfaat yang menghabiskan uang dan membuang waktu dengan percuma.Tanpa kita ketahui ternyata dibalik kebiasaan yang sebagian besar dianggap orang tidak bermanfaat tersebut memiliki banyak manfaat yang dapat diambil dari bermain game. berikut ini adalah beberapa manfaat dari bermain game:

1. Game Cenderung lebih Kreatif

Bermain game cenderung menggunakan otak kanan, setiap bermain game otak kanan kita akan terasah dan secara tidak langsung otak kanan akan terstimulasi dengan gambar maupun animasi yang kita lihat di game. Jadi dengan game kita dapat merangsang otak kanan untuk terus berpikir kreatif dan imajinasi pun akan meningkat.

2. Menjadi Ahli dalam Strategi

Dalam bermain game online maupun offline kita akan di tuntut untuk merencanakan strategi yang baik agar menang dalam permainan tersebut dan pada setiap permainan pasti memiliki tingkatan level yang berbeda mulai dari easy, medium, hard, dan expert atau bisa juga dilambangkan dengan level 1,2,3 dan seterusnya. Dengan adanya tingkatan level ini membuat para gamers berpikir lebih keras untuk merencanakan dan menjalankan strategi untuk memenangkan permainan tersebut. Jadi dengan begitu secara tidak langsung sikap dan cara berpikir ini akan terwujur di kehidupan nyata.

3. Ahli dalam Menganalisa

Sebagai gamers kita harus bisa menganalisis sesuatu dengan baik. Karena, didalam game terdapat banyak tantangan dan kesuliatan yang menghadang. Terlebih lagi jika dalam game online kita dituntut untuk dapat menganalisa tantangan dan merencanakan strategi yang akan dilakukan selanjutnya untuk memenangkan permainan. Jadi dalam kehidupan nyata para gamers akan memiliki tingkat kejelian yang tinggi dalam menganalisa sesuatu.

4. Cerdas dalam Mengendalikan Emosi

Dengan sering bermain game kita akan memiliki kecerdasan dalam mengendalikan emosi. Karena di dalam game akan banyak tantangan yang dapat membuat emosi kita meledak, jika kita tidak cerdas untuk mengendalikan emosi tersebut entah berapa banyak barang yang dapat kita hancurkan dalam waktu sekejap saja.

5.Melatih Kemampuan Berbahasa Inggris

Manfaat yang satu ini akan kita dapatkan secara tidak langsung, bukan berarti dengan bermain game kita akan fasih dalam berbahasa inggris tetapi setidaknya kita mengerti dan paham bahasa inggris karena seperti yang kita tahu bahwa sebagian besar bahasa di dalam permainan adalah bahasa inggris, jadi jika kita tidak mengerti bahasa inggris otomatis kita tidak akan bisa merencanakan strategi untuk memenangkan permainan tersebut.

6. Menjadi Sumber Penghasilan

Ini adalah manfaat yang paling menguntungkan bagi kita karena selain kita menjalankan hobi kita bermain game kita juga bisa mendapatkan penghasilan dari hobi kita ini. Sebagai contohnya adalah Monica atau paling sering di panggil Nixia ini sudah sangat terkenal di kalangan para gamers yaitu wanita yang di bayar 25 juta perbulan hanya dengan bermain game dan sudah menjalin kontrak dengan perusahaan besar seperti Nvidia, M si dan Corsair. Jika dengan bermain game dapat menghasilkan uang maka beruntunglah kita yang akan mendapatkan uang dan kesenangan bersamaan, Banyak yang bisa dijadikan para gamers untuk bisa menghasilkan uang seperti: Youtubers Game, Tester Game, Mengikuti Kompetisi Nasional maupun Internasional dan masih banyak lagi.

Sebenarnya ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan secara langsung maupun tidak langsung dari bermain game. Diatas hanyalah beberapa manfaat saja selebihnya akan kita rasakan saat kita bermain game itu sendiri. Semoga bermanfaat bagi kita semua "karna apapun hasilnya itu tergantung niat kita masing-masing." ^_^

4 comments:

  1. Mau tanya nih mas,, kbetulan ade saya suka bnget maen game,, trus tdi kta masnya manfaat maen game bisa bikin cerdas... Tapi ade saya malah skolah jdi males,, mlah tmbah gak pnter., bsa jelaskan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak segalanya dalam game itu bermanfaat bagi setiap orang,adapula dampak negatifnya salah satunya yang mas niko sebutin itu. Dalam kasus ini adek mas niko telah kecandu terhadap game. Jadi untuk adeknya mas niko sebaiknya diusahain jangan biarkan adek mas niko dibiasakan bermain game terlalu lama, sebenarnya bermain game itu boleh tapi harus ada batasannya, jangan sampai mengganggu jam sekolah

      Delete
  2. Saya main game untuk relaxing setelah capek seharian kerja. mainnya juga yg ga butuh banyak mikir.

    ReplyDelete