16 Mar 2017

Meningkatkan Performa Laptop yang Berspesifikasi Minimum


Pada era globalisasi yang sedang kita hadapi saat ini, dimana teknologi semakin berkembang ini ada banyak sekali alat elektronik terutama laptop yang semrakin berkembang, semakin berkembangnya sebuah laptop, semakin mahal pula harga laptop tersebut dan semakin bagus pula spesifikasi laptop yang didapatkan.
 Pada saat ini, orang-orang kebanyan membeli laptop dengan spesifikasi tinggi dan kebanyakan pula orang yang membeli laptop tersebut digunakan untuk bermain game. Mungkin sebagian orang masih bingung dan bertanya-tanya, untuk apa menghabiskan banyak uang jika hanya digunakan untuk bermain game saja? Untuk pertanyaan ini tentu saja ada jawabannya. Pada zaman sekarang game yang telah diciptakan oleh perusahaan-perusahaan pembuatan game banyak yang menampilkan kualitas grafik yang sangat memukau dan gameplaynya sangat menarik sehingga dapat menarik minat seseorang untuk bermain game tersebut. Dengan grafik yang sangat memukau dan gameplaynya sangat menarik maka dibutuhkanlah sebuah laptop dengan spesifikasi yang tinggi. Bila tidak memadai, maka game yang dimainkan pada laptop tersebut akan menjadi lag dan terasa berat.

Namun, bagi pecinta game yang memiliki laptop dengan berspesifikasi minimum, anda tidak perlu berkecil hati, anda dapat pula menikmati game tanpa lag dan patah-patah. Anda hanya perlu melakukan beberapa trik dibawah ini yang dapat digunakan untuk memaksimalkan kinerja laptop anda.

1. Diamkan Laptop Sejenak Saat Laptop Baru Dihidupkan

Laptop dan komputer itu sangat berbeda, terutama saat proses penyalaannya. Proses penyalaan komputer lebih terasa cepat dibandingkan laptop. Hal ini dikarenakan daya yang dibutuhkan laptop cukup besar, sedangkan sumber daya yang dimiliki laptop terbatas di batreinya. Oleh karena itu saat menghidupkan laptop, ada baiknya anda diamkan beberapa menit agar semua program startup telah selesai meloading

2. Gunakan Game Booster

Untuk meningkatkan performa sebuah aplikasi anda juga dapat menggunakan game booster. Aplikasi ini berfungsi untuk meningkatkan performa sebuah aplikasi/game yang akan anda jalankan agar dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan lancar/tanpa lag. Untuk lebih jelasnya tentang game booster dapat anda simak pada artikel yang satu ini (Game Booster).

3. Mengoptimalkan Kinerja Laptop Anda

Berikut ini adalah beberapa informasi yang dapat anda terapkan untuk mengoptimalkan kinerja laptop anda:
a) Hapus semua file-file yang tidak berguna (sampah) yang tidak diperlukan, baik dari browser maupun recycle bin.
b) Gunakanlah Antivirus yang anda miliki untuk memastikan bahwa laptop yang anda gunakan tersebut bebas dari terjangkitnya virus.
c) Uninstall semua aplikasi yang jarang digunakan, atau bahkan tidak digunakan sama sekali.
d) Pastikan laptop anda masih memiliki beberapa ruang kosong di dalam disknya. (Semakin banyak ruang yang terisi di dalam disk anda, maka semakin lambat pula performa laptop anda)

4. Tidak Dalam Mode Hemat Batre

Mode hemat pada laptop digunakan untuk memberikan waktu hidup lebih lama pada laptop tersebut ketika tidak dalam keadaan pengisian batre. Namun sangat disayangkan, dalam mode hemat ini semua power yang terdapat pada laptop akan di paksa untuk menghemat daya batre. Seperti penggunaan GPU, CPU dan sebagainya. Hal ini dapat menyebabkan performa laptop tersebut tidak optimal jika digunakan untuk bermain game, biasanya game tersebut akan lag dan terasa berat. Pada sub bab ini saya akan memberikan trik untuk mengubah mode hemat batre pada laptop anda, yang akan saya jelaskan dibawah ini.

a) bukalah control panel
b) lalu klik power options
c) Kemudian ubahlah mode batre anda yang awalnya Balanced atau Power Saver menjadi High Performance.


Setelah anda menggunakan trik ini apakah anda dapat merasakan perbedaannya?
Sekian trik yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca.



6 comments:

  1. Terima kasih atas triknya gan, stelah saya menggunakan trik ini, saya dapat bermain game pb tanpa patah-patah lagi ^_^

    ReplyDelete
  2. baru tau ternyata space hdd yang penuh bisa bikin turun performance , anw nice share :D

    ReplyDelete
  3. Game Booster ada efeknya ke laptop dak Gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman saya menggunakan game booster ga ada kendala gan

      Delete